Home > Serba Serbi > Best ‘5’ Manager

Best ‘5’ Manager

chelsea fc

Berikut ini lima manajer terbaik dalam sejarah Chelsea:

1. Jose Mourinho
Bukan rahasia lagi jika siapa pun pelatih Chelsea di era Abramovich akan selalu hidup di bawah bayang-bayang Mourinho. The Special One memang menjadi pelatih tersukses yang dimiliki The Blues. Setelah mengantarkan Porto menjuarai Liga Champions 2004, Abramovich langsung memboyongnya ke Stamford Bridge.

Kepiawaian Mourinho langsung berbuah. Chelsea dibawanya mendominasi Liga Inggris dengan dukungan pemain kelas dunia. Dua gelar Liga Inggris dan satu Piala FA langsung dipersembahkan manajer asal Portugal ini.

Tak hanya itu, sosok Mourinho pula yang berhasil membuat Stadion Stamford Bridge bak makam bagi klub tamu. Ia juga membuat Chelsea tak terkalahkan di kandang dalam kurun waktu tiga tahun.

2. Ted Drake
Ted Drake datang ke Chelsea dari Reading pada 1952 dengan sebuah julukan “Pensiunan” juara. Di era Drake ini, Chelsea dikenal sangat piawai melahirkan talenta-talenta muda serta pemain berbakat.

Manajer bernama lengkap Edward Joseph Drake ini sebelumnya sukses mengantarkan Arsenal menjuarai Liga Inggris yang saat itu masih menggunakan nama Liga Divisi I. Pada 1955, Drake berhasil menciptakan tim yang solid bagi Chelsea yang akhirnya menjadi jawara liga untuk kali pertama.

Namun, gelar pertama itu juga menjadi yang terakhir bagi Drake bersama Chelsea. Meski mempunyai bintang macam Jimmy Greaves, tapi Chelsea gagal menjadi juara selain di ajang Charity Shield. Setelah sembilan tahun bekerja, Drake akhirnya dipecat. Pemecatan Drake berimbas pada Chelsea yang akhirnya terdegradasi.

3. Dave Sexton
Dave Sexton, menghabiskan tujuh tahun di Chelsea. Pada 1971, Sexton berhasil mempersembahkan Piala Winners dan Piala FA buat The Blues. Sexton dipecat pada 1974 setelah menjual pemain bintang Alan Hudson dan Peter Osgood.

4. Gianluca Vialli
Dibawa ke Stamford Bridge oleh Ruud Gullit, pria Italia ini akhirnya menggantikan Gullit di kursi manajer The Blues pada awal 1998. Vialli langsung memberikan hasil di Chelsea. Gelar Piala Liga, Piala Winners
dan Piala Super Eropa berhasil diboyongnya.

Namun, kegagalan Vialli merebut gelar Liga Inggris pada musim 1998-1999 memaksa The Blues memecatnya. Maklum, saat itu gelar Liga Inggris memang menjadi prioritas utama Chelsea.

5. Tommy Docherty
Setelah membesut Glasgow Celtics, Docherty yang saat itu berusia 33 tahun akhirnya ditunjuk menjadi manajer The Blues. Bersama Chelsea, Docherty berhasil mempersembahkan Piala Liga pada 1964-1965.

• VIVAnews…..

Categories: Serba Serbi
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: