Megaloman ‘Hero’ yg Terlupakan.!!!

Megaloman, Si Rambut Api

Yang mau kita obrolin kali ini adalah serial Megaloman. Pemilihan namanya mungkin dipengaruhi oleh karakter “Superman” yang sudah begitu terkenal dan mendunia. Kata “Mega” diharapkan bisa memberi kesan yang sama besarnya dengan kata “Super”. Tapi kenapa harus ditambah jadi “Megaloman” ya? padahal kan itu jadinya lebih dekat ke istilah tentang sifat buruk “Megalomania”. Dan dalam pelafalan bahasa Jepang kan nggak ada huruf “L”… makanya di versi asli Jepang, judulnya adalah “Megaroman”. Ah sudahlah.. ngapain juga dibahas :p

Megaloman

Oke, masih pada ingatkah dengan film Megaloman ini?

Aslinya, film ini diciptakan oleh Tetsu Kariya dan ditayangkan di Jepang pada 7 Mei 1979 hingga 24 Desember 1979 di Fuji TV, total ada 31 episode. Dan tentunya beredar di Indonesia dalam bentuk kaset video ya agak lama setelah itu. Entah kapan tepatnya.
Dalam hal cerita, karakter, dan plot, film ini sebenarnya mirip-mirip dengan film seri superhero ala Jepang yang lain. Film Megaloman ini menampilkan jagoannya dengan karakter yang umum disebut sebagai “Kyodai Hero”. Kyodai Hero adalah gaya khas superhero kreasi Jepang yang bisa mengubah bentuknya menjadi raksasa dan punya senjata andalan yang unik, dan musuh2 yang dihadapinya adalah monster2 berwujud aneh yang juga berukuran raksasa dan memiliki senjata yang berbeda2.

Selain itu film ini juga ikut menampilkan segerombolan jagoan yang terdiri dari 5 orang dengan seragam berwarna-warni. Kelompok jagoan warna warni yang sering muncul dalam film superhero Jepang dan juga beberapa film Amerika ini sering disebut sebagai “Sentai”.

Plot cerita yang klise lain adalah tokoh utamanya adalah keturunan dari orang-orang yang melarikan diri dari planet lain yang sedang kacau karena dikuasai pemimpin yang jahat untuk mencari kedamaian di planet Bumi. Kemudian pasukan dari planet tersebut akan melancarkan serangan ke bumi untuk menguasainya. Orang2 pelarian itu kemudian dengan kemampuan dan teknologi yang dikuasainya akan menjadi jagoan yang berusaha menyelamatkan bumi dari penguasaan musuh yang kejam. Tapi buat anak-anak, nggak ngaruh lah kalau ceritanya klise, yang penting pertempurannya seru. Cerita yang mudah ditebak malah menyenangkan buat mereka, karena nggak perlu repot2 mikir dan bisa buat bahan tebak2an dengan teman2nya😀

Tokoh-tokoh Utama dan pemerannya

Berbeda dengan Voltus V yang merupakan film kartun, film Megaloman ini adalah film yang dilakonkan oleh manusia. Berikut adalah daftar karakter dan pemerannya:

Megaloman : Yuki Kitazume

Anggota pasukan warna-warni
– Takeshi Shishido (merah) : Yuki Kitazume
– Ran Takamine (pink) : Madoka Sugis
– Seiji Kurogawa (biru) : Jimmy Araki
– Hyosuke Yuri (kuning) : Pepe Hozumi
– Ippei Saru (hijau) : Koji Hashimichi

Pendukung teknis di belakang Megaloman dan pasukannya:
– Rosemary Shishido (ibu Takeshi) : Yukiko Takabayashi
– Sogen Takamine (guru beladiri) : Yoshio Inoe

Musuh Utama:
– Kapten Dagger : Yuki Kitazume
– Berlock : errr… maaf yah, nama pemerannya adalah .. errr …. Susumu Kurobe … hihihihi.. sumpah itu beneran namanya emang gitu. Nggak ngarang. Googling aja sendiri kalau nggak percaya. Huahahahaha.. *nggak bisa berhenti ketawa*

Huhuhuhu.. ehg uhuk.. hihi.. hmmph *berusaha berhenti ketawa* oh iya.. hihik.. itu susu.. ups.. maksudnya .. hihi.. di daftar pemeran itu .. selain ada susu .. aduh.. hihi.. ada Yuki Kitazume yang begitu maruknya merobek robek.. eh .. hihi .. memerankan tiga karakter sekaligus. Yuki berperan sebagai Takeshi, Megaloman, juga sekaligus sebagai Kapten Dagger. Kalau berperan rangkap sebagai Takeshi dan Megaloman wajar sajalah, tapi ini juga sekaligus berperan sebagai pemimpin pasukan musuh. Dan jawabannya ternyata ada di episode2 terakhir yang ala sinetron banget… bahwa ternyata Takeshi Shisido dan Kapten Dagger adalah saudara kembar!! ealah… :p

Kisah Awalnya

Pasukan bintang hitam (Black Star) yang dipimpin oleh Kapten Dagger berhasil menguasai planet Rosetta. Rosemary, yang suaminya (Gou) terbunuh oleh pasukan tersebut, membawa anaknya Takeshi dan terbang melarikan diri ke planet Bumi. Di bumi awalnya mereka bisa hidup dalam damai tanpa ada yang mengetahui bahwa mereka adalah pelarian dari planet lain. Takeshi mengikuti sekolah kungfu yang dimiliki oleh Sogen Takamine. Disana ia berteman akrab dengan empat orang murid sekolah itu: Ran Takamine, Seiji Kurogawa, Ippei Saru, dan Hyosuke Yuri. Keempat rekannnya tersebut mempunya karakter yang berbeda-beda, Seiji kurogawa merupakan seorang petarung ulet mirip legenda kungfu Bruce Lee, Hyosuke Yuri adalah karakter yang rada konyol, Ran Takamine satu2nya cewek yang juga anak dari Sogen Takamine, sedangkan Ippei Saru adalah temannya yang paling kecil.

Ketenangan di bumi ternyata tidak berlangsung lama. Monster raksasa bernama Kamakidon yang dikirim oleh pasukan bintang hitam menyerang bumi. Melihat kekacauan itu Rosemary memberi Takeshi sebuah gelang tangan milik bapaknya, “Gelang Megalon”. Dengan gelang itu Takeshi akan dapat terbang dan berubah menjadi Megaloman, sosok raksasa berbaju merah dengan rambut panjang putih jigrak. Megaloman diharapkan bisa melawan monster2 raksasa yang dikirim pasukan Bintang Hitam untuk melindungi planet Bumi.

Pada episode ke-2, keempat teman Takeshi akhirnya mengetahui rahasia Takeshi yang bisa berubah menjadi Megaloman. Sudah kepalang basah Rosemary pun mengajak mereka berempat yang juga jago bela diri untuk bergabung dengan pasukan Megaloman memerangi para monster. Mereka masing2 diberi “Gelang Megalon” yang bisa merubah mereka menjadi pasukan berkostum warna-warni yang akan bertarung bersama Megaloman. Gelang tersebut bisa menjadi alat komunikasi jarak jauh dan juga alat pendeteksi keberadaan musuh, baik itu monster atau pasukan Bintang Hitam.

Dalam setiap peperangan Megaloman melawan pasukan bintang hitam, Rosemary selalu mengawasi melalui pesawat ruang angkasanya yang dia bawa dari planetnya. Dari pesawat itu ia dapat berkomunikasi dan memberi masukan-masukan kepada Megaloman melalui gelangnya. Penasehat Takeshi lainnya adalah guru bela dirinya Sogen Takamine. Dalam pertengahan cerita, Sogen Takamine menutup pusat bela dirinya untuk dikembangkan menjadi Pusat Pertahanan Militer untuk membantu Megaloman dalam mempertahankan Jepang atau Bumi terhadap serangan monster raksasa.

Kemampuan Megaloman

Dengan menjadi berukuran raksasa, seukuran dengan monster-monster yang menyerang bumi, Takeshi dapat mengimbangi musuh2nya melalui kemampuan bela diri yang dipelajarinya dari Sogen Takamine.

Senjata yang dimiliki Megaloman adalah sebuah pedang raksasa “Megalo Blade”. Tapi senjata yang jadi andalan utama adalah rambut putih gimbalnya itu. Kok rambut? gimana caranya bisa jadi senjata?. Caranya adalah dengan mengeluarkan api dari rambut jigraknya, senjata “Megalo Fire”!! Itulah mengapa Megaloman disebut juga sebagai Honô No Senshi (Warrior Of Flame), karena kemampuannya mengeluarkan api dari rambut jigraknya. Setelah rambutnya mengeluarkan api, Megaloman mulai memutar2kan kepalanya dan mengibaskan rambut apinya. Dengan teriakan “Megalooo.. Fire!” api di rambutnya itupun ia lemparkan kearah musuh. Dan musuhpun akan terbakar oleh api… Musuh mati, megalomannya pun puyeng gara2 muter2in kepala..😀 Tapi kadang monster musuh mati bukan karena api dari rambut Megaloman, namun karena kena tebas pedang “Megalo Blade”.

Hmm.. apakah karakter Megaloman ini terinspirasi dari para rocker Heavy Metal yang sempat jadi trend mendunia pada saat itu ya? Coba lihat tampang si Megaloman itu. Wajahnya dingin sangar bercoreng moreng. Rambutnya panjang mengembang menjigrak. Lengkap pula dengan outfit pakaian ketat. Dan jurus andalan utamanya mirip sekali dengan gerakan ‘head bang’. Rocker banget kan?

Lihat saja posenya saat bersiap mengeluarkan jurus andalannya. Tangan kiri melipat di depan dada, dan tangan kanan mengacung ke depan dengan jari-jari yang mencengkeram. Hehe… anak sekarang mungkin bakal berkomentar ‘tampang sih rocker abeesss, tapi kok posenya kayak penyanyi “Kucing Garong” yah..?’ huehehee….😀

Meskipun tampak norak, rambut Megaloman ternyata juga adalah sumber kekuatan dari Megaloman. Megaloman ini seperti Samson, yang kekuatannya sekaligus kelemahannya terletak di rambut. Pernah di salah satu episode, rambut Megaloman terpotong… dan lenyaplah semua kekuatannya.. Megaloman lemes tak berdaya.. hah, segitu saja ternyata…. Pasti megaloman ini paling takut sama tukang cukur😀

Kisah Selanjutnya

Pada episode 11 (Battle For Command), pimpinan pasukan bintang hitam Kapten Dagger, yang selalu memakai helm perak membunuh atasannnya untuk tujuan menguasai penuh pasukan bintang hitam. Sejak itu, kemudian dia memakai helm emas. Setelah monster-monsternya dibunuh oleh kapten Dagger, dia sendiri kemudian berubah menjadi manusia raksasa.

Pada episode 20 (The Great Invasion of Monsters), ada pendatang baru Berlock yang diperankan oleh… huahahahahaha…😀. Berlock adalah seorang ilmuwan Bintang Hitam yang mencoba menemukan solusi untuk mengalahkan Megaloman. Berlock dijuluki dengan “Evil Scientist”.

Pada episode 28 (The Sacrifice of Hyme), Berlock menunjukkan kesetiaannnya terhadap Kapten Dagger dengan memberikan anaknya “Hyme” untuk dijadikan sebagai monster tangguh “Buffalon”.

Pada episode 29, Berlock mencoba untuk mengubah teman Takeshi yaitu Hyosuke Yuri menjadi monster dengan harapan nantinya Megaloman tidak tega untuk membunuhnya.

Pada episode terakhir (The Ultimate Challenge), ternyata membuka rahasia hubungan antara Takeshi dengan Kapten Dagger. Dalam akhir cerita tersebut terkuak bahwa Kapten Dagger sebenarnya kembaran dari Takeshi yaitu Hiroshi, namun punya karakter yang jahat.

Musuh-musuh Megaloman

Musuh-musuh megaloman atau “The Daikaijuu” yaitu : Kamakidon, Goran, Zaninga, Dobura, Gamereon, Zubogu, Terumosu (Thermos?), Suchirunesu, Doradoza, Jamado, Nun-chuk, Rezakkusu, Mirror Monocle, Boarein, Unigon, Paraboran 1, Paraboran 2, Kyanza, Arumunga, Zonbiron, Barigen, Suidorasu, Bonbaron, Arumunga, Songa, Kajuron, Vacuum, Zatan, Zubaida (Spider?), Jadonga, Buffalon, Terogirasu, Despair, Despair, Dagger.
Kebanyakan musuh-musuh megaloman ini mati terbakar, atau mati setelah ditebas oleh pedang “Megalo Blade”. Megaloman biasanya bertempur di darat, meskipun ia bisa terbang. Kadang di pebukitan, kadang juga di tengah kota dengan gedung2 yang tampak kecil menjadi setting arena pertempuran. Selama pertempuran tentu saja gedung2 itu akan terkena pukulan macem2 baik dari si monster maupun dari Megaloman. Dan satu demi satu gedung2 itu akan hancur. Tapi hebatnya tidak pernah dikisahkan ada korban sipil meskipun pertarungan itu terjadi di tengah kota, dan sekian banyak gedung luluh lantak. Lebih hebat lagi, hancurnya gedung2 itu juga tidak pernah dipermasalahkan, karena esok harinya gedung2 itu akan utuh kembali… dan siap menerima kedatangan monster berikutnya yang akan kembali menghancurkan kota😀

Soundtrack Megaloman

Konon katanya dalam versi Indonesia lagu soundtrack Megaloman di-dubbing oleh penyanyi terkenal kita “Krisdayanti”, yang tentu saja pada jaman itu (thn 1984-87) masih berusia 9 tahunan. Konon juga untuk dubbing soundtrack Megaloman, KD saat itu menerima bayaran Rp. 15.000. Ini merupakan pengalaman pertama KD dalam rekaman kaset. Tapi sayangnya belum nemu lirik lagu soundtrack yang bahasa Indonesia. Adanya yang versi aslinya nih:

1. Lagu pembuka cerita

Go! Go! Megaloman
(Yuke! Yuke! Megaloman)

Lyricist: Kariya, Tetsu
Composer: Tozuka, Shôzô
Arranger: Kawagami, Satoru
Vocals: Mizuki, Ichiro

yuke yuke yuke megaloman
doko mademo susume
chikyu wo osou kaijyu uchi nomese
sakamaku tategami ikari ni moete
kitto chikyu wo mamoru noda
megalon FIRE!
megaloman wa yukuze
megaloman wa yaruze
megaloman honô no senshi

yuke yuke yuke megaloman
inochi no kagiri
aku no ikinone tomeru made tatakau noda
yuuki minagiru megalon BRACELET
kitto chikyu wo mamoru noda
TIGER CRUSH!
megaloman wa yukuze
megaloman wa yaruze
megaloman honô no senshi

yuke yuke yuke megaloman
doko mademo susume
aku wo yurusanu sono te de ashita wo tsukame
seigi ni moeta hono o-no tategami
kitto chikyu wo mamoru noda
megalon FIRE!
megaloman wa yukuze
megaloman wa yaruze
megaloman honô no senshi

2. Lagu penutup cerita

I Am Heart of Rosetta Planet
(Wa Ga Kokoro no Rozetta Hoshi)

Lyricist: Kariya, Tetsu
Composer: Tozuka, Shôzô
Arranger: Kawagami, Satoru
Singer: Mizuki, Ichiro

Gingau tobi koe uchuu no kanatani
Akaku kagayaku, Rosetta seii
Aku no yabooni arasare takedo
Itsuka kadaratsu yo minna ga eru

Rosetta Rosetta kokoro no hoshi yo
Kanashimi wa moridoto
Kurikae sasemu
Chi chi o ha ha yo
Miteite hoshi

Surai o kinimo kokoro no nakade
Akaku kagayaku Rosetta seii
Chijito ahakara uke sugida
Ai To yuuki wa erien no hono

Rosetta Rosetta kokoro no hoshi yo
Kanashimi wa moridoto
Kurikae sasemu
Chi chi o ha ha yo
Miteite hoshi

  1. panji
    February 6, 2010 at 9:54 am

    adwh .. . . klo mau download soundtracknya dmn ya …????????

  2. heri
    July 25, 2010 at 11:08 am

    mirip ultraman ya

  3. maman
    November 18, 2010 at 2:46 pm

    Megaloman ini bikin gw wkt sd suka maen brantem2an bareng teman yg laen pas jam istirahat…btw, punya mp3 ost-nya megaloman, bagi dunng😉

  4. erik
    December 18, 2010 at 3:30 pm

    Gila bro..gw jd inget masa kecil yg rasanya lebih bahagia dari anak kecil jaman sekarang

  5. uciha
    July 14, 2011 at 8:05 pm

    wahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
    ane msh blm lahir jd g tw ma tu film…

  6. ivo
    January 18, 2013 at 2:37 am

    Megaloman in popular culture (tiru gaya wiki)
    – tante/cewek seksi dengan rambut panjang yang disemir pirang, disebut juga megaloman

  7. November 4, 2016 at 2:40 pm

    saya pikir malah gambar ultraman berambut gondrong kalau liat di google image, wkwkwkwk

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: